PR Cara Mengsisi Aplikasi Prodeskel PANDUAN TEKNIS Anatomi Sistem - DESA SUKALUYU

728x90 AdSpace

Latest News
Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis Persawahan Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis Persawahan
Monday, October 30, 2017

Cara Mengsisi Aplikasi Prodeskel PANDUAN TEKNIS Anatomi Sistem

3       ANATOMI SISTEM

Sistem informasi ini dibuat secara khusus sesuai dengan pesanan (Customized) untuk memenuhi kebutuhan data dan informasi.  Sistem ini dibuat dengan menggunakan teknologi pemrograman terkini yang berbasis PHP sehingga dapat memberikan kemudahan bagi pengguna sistem.  Secara garis besar sistem ini mempunyai anatomi sebagai berikut :



Gambar 3.1  Anatomi Sistem.

Penjelasan bagian-bagian anatomi dalam sistem ini adalah sebagai berikut :
      Banner aplikasi ini: Sebuah gambar grafis yang menunjukkan identitas sistem ini
      Bar Menu Atas : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu pokok dan laporan yang berhubungan dengan pengguna yang aktif
      Bar Menu Samping : Bar yang digunakan untuk menempatkan menu-menu laporan per sektor yang bersifat umum
      Kontainer : Penyusunan informasi per kelompok dalam kotak
      Halaman Data : Halaman yang digunakan untuk menampilkan data atau informasi


Secara skematis rancangan antarmuka dalam sistem ini adalah sebagai berikut :


Gambar 3.2 Skema Antarmuka Sistem.


Bar Menu Atas adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara horizontal.  Menu dan submenu yang diletakkan dalam Bar Menu Atas ini biasanya berhubungan dengan pengguna yang aktif yaitu untuk Entri, Edit, Hapus data dan laporan-laporan.  Akses menu dan submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu, secara otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan.  Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Glosarium, maka letakkan kursor di atas menu Utama kemudian klik Glosarium.



Gambar 3.3 Bar Menu Atas.



Bar Menu Samping adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara vertikal.  Menu dan submenu yang diletakkan dalam Bar Menu Samping ini biasanya berhubungan dengan data yang disusun berdasarkan sektor (laporan).  Sama halnya dengan Bar Menu Atas, akses menu dan submenu dilakukan dengan cara menempatkan kursor diatas menu, secara otomatis sistem akan menampilkan submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan.  Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Kantor Desa/Kelurahan, maka letakkan kursor di atas menu Prasarana Wilayah kemudian klik Kantor Desa/Kelurahan.


Gambar 3.4 Bar Menu Samping.


3.3      MENU POHON

Menu Pohon adalah bagian dari halaman sistem untuk menempatkan menu dan submenu secara vertikal dengan anatomi seperti pohon.  Menu pohon ini hanya disediakan untuk pengguna tingkat desa/kelurahan yaitu untuk melakukan Entri Data DDK, Potensi dan Tingkat Perkembangan.  Menu pohon ini dapat ditutup atau dibuka dengan cara klik garis pembatas yang berwarna lebih gelap seperti gambar di bawah ini.  Untuk memperlebar dilakukan dengan cara meletakkan kursor di atas garis pembatas, saat kursor berubah menjadi , klik kanan dan tahan, kemudian gerakkan mouse ke kanan untuk memperlebar atau ke kiri untuk memperkecil dan lepaskan.

Akses menu dan submenu dilakukan dengan cara klik tanda “+”atau nama menu, secara otomatis sistem akan menampilkan daftar submenu yang terdapat di dalamnya. Eksekusi dilakukan dengan cara melakukan klik submenu yang diinginkan.  Pewarnaan nama menu dan submenu dibedakan menjadi dua yaitu : warna hitam menunjukkan nama menu dan tidak bisa dieksekusi serta warna biru menunjukkan submenu dan bisa dieksekusi.  Misalnya dalam gambar di bawah ini, jika kita ingin mengeksekusi submenu Jenis Lahan, maka klik menu Potensi Sumberdaya Alam, kemudian klik Jenis Lahan.


Gambar 3.5 Menu Pohon.


3.4      TOMBOL DAN AIKON

Fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini direpresentasikan dalam bentuk Tombol dan Aikon.  Eksekusi Tombol dan Aikon dilakukan dengan cara melakukan klik terhadap Tombol atau Aikon yang diinginkan.  Perbedaan utama antara Tombol dan Aikon adalah bentuk dan sifat prosesnya yaitu :
      Tombol berbentuk kotak segi empat dan didalamnya terdapat nama fungsi, Aikon berbentuk simbol atau gambar mini
      Tombol digunakan untuk melakukan proses untuk seluruh data di halaman yang aktif, Aikon digunakan untuk melakukan proses yang berhubungan dengan satu baris data

Tabel 1 Daftar Aikon.


No
Aikon
Deskripsi
1
Pengaturan Grafik
2
Topik Forum
3
Masuk ke Forum
4
Pemilih Tanggal
5
Menampilkan Grafik Batang atau Pai
6
Keterangan atau Deskripsi
7
Mengurutkan Nilai (Menaik atau Menurun)
8
Menulis Komentar
9
Edit Data yang Sebaris
10
Mutasi Masuk
11
Mutasi Keluar
12
Daftar Anggota Keluarga
13
sys__NM__nm_BiruLembut_bcons_detalhes
Pencarian atau Rincian Data
14
Ke Halaman Pertama
15
Ke Halaman Sebelumnya
16
Ke Halaman Sesudahnya
17
Ke Halaman Akhir

Tabel 2 Daftar Tombol.


No
Jenis Tombol
Deskripsi
1
Pengaturan Kolom Halaman aktif
2
Pengurutan Data lebih dari satu Kolom Kunci
3
Pencarian Khusus dengan Kriteria Majemuk
4
Ekspor data ke file CSV
5
Ekspor data ke file CSV
6
Preview Halaman aktif untuk pencetakan ke printer
7
Pengelompokan data untuk membuat rekapitulasi
8
Rekapitulasi/Ringkasan data sesuai dengan pengelompokannya
9
Kembali ke halaman sebelumnya
10
Menyalin satu baris data (1 record)
11
Menyisipkan data baru
12
Menyimpan data yang sedang aktif
13
Menghapus satu baris data (1 record)
14
Menyisipkan Kepala Keluarga baru
15
Menyisipkan Anggota Keluarga baru



3.5      GRID

Grid adalah halaman yang digunakan untuk menampilkan data tertentu yang terdapat dalam basisdata berbentuk tabel yang terdiri atas kolom dan baris seperti gambar di bawah ini.  Grid merupakan halaman awal bagi pengguna untuk dapat melakukan proses selanjutnya berupa entri, edit, hapus dan salin data atau untuk pembuatan laporan.  Sebagian besar fungsi-fungsi yang terdapat dalam sistem ini ditempatkan di halaman grid ini, misalnya : Pencarian Cepat, Pencarian Khusus, Pengurutan dan lain-lain.


Gambar 3.6 Grid.


3.6      FORM

Form adalah halaman yang digunakan untuk melakukan proses entri, edit, hapus dan salin data seperti gambar di bawah ini.  Fungsi-fungsi standar yang terdapat dalam kolom antara lain adalah : Salin Data, Data Baru, Simpan dan Hapus.  Proses edit, entri dan salin data yang telah dilakukan harus diakhiri dengan melakukan klik Simpan sebagai tanda bahwa proses telah selesai dan data akan disimpan dalam basisdata sistem.



Gambar 3.7 Form.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Cara Mengsisi Aplikasi Prodeskel PANDUAN TEKNIS Anatomi Sistem Rating: 5 Reviewed By: robby sunatra