PR Kades Terkaya Indonesia: Miliki 12 Istri, 52 Anak, 212 Cucu dan 3 Cicit - DESA SUKALUYU

728x90 AdSpace

Latest News
Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis Persawahan Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis Persawahan
Wednesday, March 15, 2017

Kades Terkaya Indonesia: Miliki 12 Istri, 52 Anak, 212 Cucu dan 3 Cicit


DESASUKALUYU.COM -LELAKI tua ini sangat terkenal di kampungnya. Selain menjabat sebagai kepala desa (Kades), karena "kekayaannya" yang melimpah: memiliki 12 orang istri sah, 52 orang anak, 212 cucu, dan 3 orang cicit.

Pria hebat ini bernama Deta Raya, berusia 72 tahun. Bermodal "kekayaannya" itu, ia sukses menjadi Kepala Desa Waiha, Kecamatan Kodi Balghar, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Seperti dikabarkan Kompas.com beberapa waktu lalu, tentang statusnya sebagai Kades yang memiliki banyak istri, tidak pernah dipersoalkan oleh pihak kecamatan maupun pemerintah kabupaten.

“Masyarakat masih menginginkan saya sebagai Kepala Desa. Kalau untuk legislatif ataupun bupati tentu saya harus pikirkan metode apa nanti yang akan saya pakai, tetapi itu belum untuk sekarang,” kata Deta Raya.

Dalam kehidupan berumahtangganya, Deta Raya bisa membuat iri banyak lelaki. Betapa tidak, dengan kondisi fisiknya yang masih kuat, ia mampu menafkahi istri-istrinya, baik secara lahiriah maupun batiniah. Semua istrinya masing-masing dibelikan rumah dan kebutuhan pokok setiap hari.

Dua belas orang istri tinggal terpisah di dua dusun di Desa Waiha. Namun, karena terlalu banyak memiliki anak, Deta Raya lupa nama dari sebagian besar anak-anaknya.

"Saya lupa nama anak saya yang lain karena terlalu banyak, sementara untuk 12 istri, saya tahu nama mereka semua," kata Deta Raya kepada Kompas.com.

Menurut Deta Raya, 12 orang istrinya itu dinikahinya secara sah, baik secara adat maupun agama (Kristen Protestan). Namun, dari 12 orang istrinya itu, hanya tinggal sembilan orang karena tiga orang lainnya sudah meninggal dunia beberapa tahun lalu.

"Tiga orang istri saya sudah meninggal, yakni istri pertama, ketiga, dan keenam. Sementara itu, yang lainnya masih setia mendampingi saya sampai sekarang," ujarnya.

Deta Raya mengaku, semua istri yang dinikahinya tidak mempersoalkan hubungan mereka. Bahkan, ketika melamar istrinya yang baru, istri-istri terdahulu pun ikut menemani dan mengamini saja keinginan suami mereka.

"Mereka semua hidup rukun dan damai serta tidak ada masalah," kata Deta Raya percaya diri.

Deta Raya merinci nama 12 orang istrinya. Mereka ialah Maria Wondawura (alm), Ribka Raborak, Elvi Filaloe (alm), Maria Mudawila, Paulina Kaleoba, Lidya Lowerei (alm), Apli Wondamete, Boroweda, Boromuda, Paulina Patikaka, Maria Wolopati, dan Yustina Dadilema.

Dengan kehidupan pribadinya seperti itu, Deta Raya sempat juga dibicarakan banyak orang, termasuk oleh para pendeta yang pernah menanyakan alasan dirinya menikahi istri sebanyak 12 orang. Deta Raya pun menjawab bahwa ia ingin seperti Yesus Kristus, yang memiliki 12 orang murid-muridnya (rasul).

"Cara berpikir saya sedehana saja karena dalam Injil (kitab suci agama Kristen), murid Yesus ada 12 orang dan semuanya laki-laki sehingga untuk menggenapi secara manusia, saya kawin dengan 12 istri," kata Deta Raya.* das - kisuta.com

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Kades Terkaya Indonesia: Miliki 12 Istri, 52 Anak, 212 Cucu dan 3 Cicit Rating: 5 Reviewed By: robby sunatra