PR Hanya 32 Desa yang Mendapatkan Banprov BUMDes - DESA SUKALUYU

728x90 AdSpace

Latest News
Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis Persawahan Desa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis PersawahanDesa Sukaluyu Kecamatan Sukaluyu Terletak di Jl. Bojongsari No. 1 Desa Sukaluyu Kabupaten Cianjur Jawa barat, Dengan Jumlah RT 35 dan 8 RW, 4 Dusun , Jumlah Penduduk 8.896 Orang Terdiri dari 4.324 Orang Perempuan 4.572 Orang Laki laki Dengan Jumlah Kepala Keluarga 3.121 KK, Luas Wilayah 619.98 Km2 Kondisi Geografis Persawahan
Saturday, March 18, 2017

Hanya 32 Desa yang Mendapatkan Banprov BUMDes






RAPAT: Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur rapat bersama perwakilan BUMDes, dan Dinas PMD Kabupaten Cianjur, kemarin.
(REIZA EKA YK/CIANJUR EKSPRES)
RAPAT: Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur rapat bersama perwakilan BUMDes, dan Dinas PMD Kabupaten Cianjur, kemarin. (REIZA EKA YK/CIANJUR EKSPRES)

Desasukaluyu.com - CIANJUR – Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur menyayangkan bahwa hanya segelintir saja desa yang mendapatkan bantuan dari pemprov. Sebab badan usaha milik desa (BUMDes) yang melangkapi administratif hanya sedikit.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Cianjur, Muhammad Isnaeni, mengatakan, jumlah desa yang ada di Kabupaten Cianjur ada sebanyak 354 desa. Namun, yang layak mendapatkan bantuan dari pemprov hanya sedikit saja.
“Masih sangat kecil dibandingkan jumlah yang ada, karena kelayakan untuk mendapatkan bantuan belum mencukupi. Ini harus dituntaskan,” kata dia kepada wartawan usai memimpin rapat bersama perwakilan BUMDes, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Cianjur, kemarin (16/3).

Dengan persoalan tersebut, sambung dia, komisi I sengaja mengundang perwakilan dari beberapa BUMDes serta Dinas PMD untuk menyamakan persepsi serta mengetahui duduk permasalahan yang ada di lapangan. Dia berharap, dengan dilakukannya rapat tersebut mampu memberikan solusi terutama kepada BUMDes yang ada untuk dapat menerima banprov yang telah disediakan.
“Sengaja mengundang sebagian kepala desa, BUMDes yang sudah berdiri di Kabupaten cianjur, agar dapat menemukan solusi dari persoalan yang mereka hadapi,” sebutnya.
Dia mengimbau kepada Dinas PMD agar dapat terjun langsung ke desa-desa untuk meninjau langsung, memberikan pendampingan, pelatihan, serta mengarahkan desa-desa yang mengalami kendala. Selain itu, pengarahan pada jenis usaha yang dapat dilakukan oleh BUMDes dapat dimengerti serta dijalankan kedepannya.

“Dari kemarin kan permasalahannya SDM-nya, lalu belum tertibnya administrasi. Jadi, harus didampingi dan diarahkan agar senmua itu dapat terselesaikan, terutama oleh Dinas PMD,” jelasnya.
Berdasarkan data yang diperolehnya, Kabupaten Cianjur saat ini hanya memiliki 32 BUMDes saja, dan itu sangat disesali mengingat potensi desa yang banyak serta berbagai macam bantuan yang dapat dimaksimalkan. “Ya sangat disesalkan, coba kalau semua desa punya BUMDes, atau BUMDes-nya telah berjalan. Kan kesejahteraan juga akan datang,” ungkapnya.

Dia menekankan, pendampingan oleh Dinas PMD harus masuk ke dalam permasalahan, bila berkaitan dengan administrasi dan juga mekanisme. Maka hal itu sudah seharusnya dilakukan pendampingan, sehingga kekhawatiran yang ada di desa-desa mengenai aturan yang berkaitan dengan inspektorat bisa dihilangkan.

“Yang berkaitan dengan inspektorat bukan berdasarkan kesalahan saja, namun banyak komunikasi yang tidak jalan dan tidak tahunya para pengurus desa. Maka itu harus diberikan arahan,” pungkasnya.(job1/red)


sumber :  cianjur express

Baca Juga :





  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 comments:

Item Reviewed: Hanya 32 Desa yang Mendapatkan Banprov BUMDes Rating: 5 Reviewed By: robby sunatra